Rolling Door

Apai Itu Rolling Door ?

Pintu rolling door adalah salah satu jenis pintu yang berfungsi sebagai pengaman dari suatu bangunan dan isi bangunan itu sendiri. Pintu rolling door memiliki slat daun yang saling berkaitan dan berfungsi sebagai penutup. Pada bagian atas pintu, terdapat pulley dan per yang berfungsi sebagai katrol yang membuat rolling door terasa ringan dan mudah saat digunakan.

Slat daun dapat bergerak ke atas dan bawah dengan bergulung secara manual maupun otomatis. Rolling Door ini sendiri memiliki beberapa jenis. Berikut hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang pintu rolling door.

Cara Kerja Pintu Rolling Door

Cara kerja pintu rolling door adalah menggulung seluruh pintu ke atas dan menurunkannya kembali saat pintu ditutup. Tujuan dari sistem gulung ini adalah agar pintu tidak mengganggu akses keluar masuk dan tidak mempersempit ruangan.

Cara kerja Rolling Door terbagi menjadi dua, yakni sistem manual yang dioperasikan dengan tenaga manusia dan menggunakan alat takel atau chain block, serta sistem otomatis yang dioperasikan oleh mesin rolling door otomatis. Cara kerja kedua sistem sama, tetapi yang membedakan adalah operatornya.

Rolling Door Otomatis Vs Rolling Door Manual

 

Cara kerja Rolling Door ada dua, yakni sistem manual yang dioperasikan dengan tenaga manusia. Di sisi lain, sistem manual juga bisa dioperasikan menggunakan alat yang disebut takel/chain block yang dioperasikan secara manual.

Selain itu, ada sistem otomatis, yakni rolling door dioperasikan dengan mesin rolling door otomatis. Pada dasarnya, cara kerja untuk rolling door sistem manual dan otomatis adalah sama, yakni menggulung seluruh slat daun pintu ke atas dan menurunkannya kembali pada saat pintu ditutup.

Adapun yang membedakan antara pintu rolling door sistem manual dengan otomatis adalah operatornya atau siapa yang menggerakannya.

Jika rolling door manual digerakkan dengan tenaga manusia, sedangkan rolling door otomatis digerakkan oleh mesin yang diaktifkan melalui tombol button mesin rolling door yang tersentuh tangan manusia, sehingga kerja manusia menjadi sangat ringan.

Jenis Jenis Rolling Door

 

Terdapat berbagai jenis Rolling Door. Tentu, berbagai jenisnya memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut kelebihan, kekurangan, dan harga pintu rolling door.

Rolling Door Slat

Rolling door slat adalah jenis pintu yang dalam proses pembuatannya melalui proses assembling penyatuan slat daun yang tadinya terpisah menjadi satu bagian daun pintu. Pintu jenis ini dioperasikan secara manual dan tidak menggunakan mesin.

Rolling Door slat terdiri dari beberapa jenis, seperti Rolling Door besi, Rolling Door glavalum, dan Rolling Door aluminium. Kelebihan menggunakan Rolling Door adalah perawatannya yang mudah karena sudah dilapisi dan di-finishing anti karat, serta warna desainnya yang dapat dipilih sesuai keinginan.

Pintu ini juga memiliki tingkat keamanan yang baik. Namun, kekurangannya adalah kehilangan keseimbangan dari daun pintu yang dapat memengaruhi komponen-komponen lainnya.

Jenis Jenis  Rolling Door slat

rolling door besi, rolling door glavalum dan rolling door aluminium. Kelebihan menggunakan pintu rolling door slat adalah perawatannya yang mudah karena sudah dilapisi dan di-finishing anti karat sehingga tidak perlu dicat. Warna desainnya juga bisa dipilih sesuai keinginan Anda. Dari segi keamanan juga cukup bagus.

Sedangkan kekurangan dari pintu rolling door slat adalah hilangnya keseimbangan dari daun pintu sehingga memengaruhi komponen-komponen lainnya.

Harga Rolling Door Slat

Harga Rolling Door berbeda-beda, untuk Rolling Door slat besi per meter ketebalan 0,3 mm dan 0,4 mm sekitar Rp250.000 dan Rp270.000. Sedangkan harga Rolling Door galvalum untuk ketebalan 0,3 mm dan 0,44 mm adalah Rp320.000 dan Rp350.000. Harga Rolling Door slat aluminium untuk ketebalan 0,3 mm dan 0,4 mm adalah Rp390.000 dan Rp550.000. ( Harga sewaktu waktu dapat berubah )

Rolling Door One Sheet

Rolling Door one sheet adalah jenis Rolling Door yang telah menjadi lembaran daun pintu tanpa melalui proses assembling. Cara mengoperasikannya adalah dengan menggulung secara manual daun pintu ke atas saat membuka dan menurunkannya saat menutup.

Kelebihan dari Rolling Door one sheet adalah tidak berisik, dilengkapi cover kunci yang kuat, dan memiliki kemulusan saat menutup. Namun, kekurangannya adalah harganya yang cukup mahal.

Jenis  Rolling Door One Sheet

• rolling door one sheet solid,
• rolling door one sheet semi perforated 3 baris,
• rolling door one sheet full perforated.

Kelebihan dari rolling door one sheet

Kelebihan dari rolling door one sheet adalah tidak berisik karena slat kanan dan kirinya dilengkapi dengan Nylon flat. Di sisi lain, pintu rolling door ini dilengkapi cover kunci dari besi yang kuat dan tidak mudah rusak.

Jika pintu rolling door lain memiliki masalah sering rusak karena slat daun yang berubah posisi, maka rolling door one sheet yang didesain tanpa sambungan adalah inovasi dari permasalahan ini.
Kekurangan dari rolling door one sheet adalah harganya yang cukup mahal. Meski menutupnya sangat mulus, jenis pintu rolling door ini tidak bisa dioperasikan secara otomatis dan perlu mengerahkan sedikit tenaga untuk membuka dan menutupnya.

Harga Rolling Door One Sheet

Harga rolling door one sheet adalah Rp350.000 per 0,5 mm. Jadi, total yang bisa Anda habiskan ketika membutuhkan 10,00 meter adalah Rp3.500.000. ( Harga sewaktu waktu dapat berubah )

Rolling Door Industri

Rolling door industri biasanya diaplikasikan untuk bangunan besar seperti pabrik dan pergudangan. Pintu rolling door industri juga sering disebut rolling door otomatis. Kelebihan dari pintu rolling door industri adalah memiliki slat daun yang tebal, dilengkapi dengan alat bantu manual dan otomatis yang meringankan manusia.

Pintu rolling door industri menggunakan sistem digital automatic untuk membukanya dan sangat cocok untuk bangunan yang membutuhkan keamanan yang sangat baik. Kekurangan dari pintu rolling door industri adalah agak sensitif, terutama jika ada benda yang menahan saat pintu diturunkan. Hal tersebut menimbulkan kerusakan untuk pintu rolling door industri.

Harga Rolling Door Industri

Harga untuk pintu rolling door industri di pasaran adalah mulai dari RP 700.000 per meter persegi ( Harga sewaktu waktu dapat berubah )

Rolling grille

Rolling grille adalah Rolling Door ini terbuat dari material besi hollow yang dilapisi dengan finishing anti karat sehingga awet dan tahan lama. Rolling grille memiliki desain yang transparan sehingga cocok digunakan pada toko atau toko-toko lainnya yang ingin menunjukkan produk-produknya ke konsumen.

Kelebihan Rolling Grille

Kelebihan dari rolling grille adalah desainnya yang unik dan memberikan tampilan modern pada bangunan. Selain itu, rolling grille juga sangat kuat dan tahan lama. Namun, kekurangannya adalah kurang efektif dalam hal keamanan karena mudah untuk dibobol.

Dalam memilih jenis pintu rolling door yang tepat untuk kebutuhan Anda, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan keamanan dan kenyamanan, serta budget yang dimiliki. Namun, apapun jenis pintu rolling door yang Anda pilih, pastikan untuk selalu merawat dan memperbaikinya secara teratur agar tetap awet dan berfungsi dengan baik.

It seems we can’t find what you’re looking for. Perhaps searching can help.

Open chat
Hello , ada yang bisa kami bantu ?